RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
Sekolah : SDN .........
Mata
Pelajaran : IPA Kelas 2
semester 1
IPS Kelas 3 Semester 1
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
I.
Standar
Kompetensi
Kelas
2 (IPA)
1. Mengenal
bagian-bagian utama tubuh hewan
dan tumbuhan, pertumbuhan hewan
dan tumbuhan serta
berbagai tempat hidup makhluk hidup
Kelas 3 (IPS)
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar
rumah dan sekolah.
II.
Kompetensi
Dasar
Kelas
2 (IPA)
1.1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di
sekitar rumah dan
sekolah melalui pengamatan
Kelas 3 (IPS)
1.1
Menceritakan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
III.
Indikator
Kelas
2 (IPA)
1.1.1
menyebutkan
bagian-bagian utama hewan di sekitar rumah dan sekolah
1.1.2
menjelaskan fungsi
bagian-bagian utama hewan disekitar sekolah
Kelas
3 (IPS)
1.1.1
menyebutkan contoh
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
1.1.2
menjelaskan kegunaan
lingkungan dan alam bagi kehidupan sehari-hari
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Kelas 2 (IPA)
1.
Melalui pengamatan
gambar siswa dapat menyebutkan bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di
sekitar rumah dan sekolah dengan benar
2.
Melalui tanya jawab dan
diskusi siswa dapat menjelaskan fungsi bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan
disekitar sekolah dengan benar.
Kelas
3 (IPS)
1.
Melalui tanya jawab dan
diskusi siswa dapat menyebutkan contoh lingkungan alam dan buatan di sekitar
rumah dengan benar
2.
Melalui pengamatan
gambar dan diskusi siswa dapat menjelaskan kegunaan lingkungan dan alam bagi
kehidupan sehari-hari dengan tepat.
3.
Materi
Ajar
Kelas
2 (IPA)
Bagian tubuh hewan dan tumbuhan
Kelas
3 (IPS)
Lingkungan alam dan buatan
4.
Metode
dan Model Pembelajaran
Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah, Tugas
Model Think Pair Share
Mind Mapping
5.
Kegiatan
Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Kelas 2 (IPA)
|
Kegiatan Kelas 3 (IPS)
|
A
|
Pra
Kegiatan (10 Menit)
|
Pra
kegiatan
|
|
1. Salam
2. Do’a
3. Presensi
Pengkondisian kelas baik secara fisik dengan
merapikan tempat duduk (dijadikan 1 kelas), kemudian kelas 3 diminta untuk
pindah ke kelas asal
|
|
B
|
Kegiatan
Awal (5 menit)
|
Kegiatan
Awal (5 menit)
|
|
1. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan pokok pembelajaran yang akan dibahas
2. Guru
memberikan apersepsi dengan megajak siswa menyanyikan lagu Helli
|
1. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan pokok pembelajaran yang akan dibahas
serta memotivasi siswa
2. Guru
memberikan apersepsi dengan mengajak siswa menyanyi “naik-naik ke puncak
gunung”
|
C
|
Kegiatan
Inti
|
Kegiatan
Inti
|
|
Eksplorasi
|
Eksplorasi
|
|
a. Guru
menulis judul materi di papan tulis, kemudian menunjukkan gambar-gambar hewan
b. Guru
dan siswa melakukan tanya jawab mengenai gambar yang telah dipasang
|
a. Guru
melakukan tanya jawab mengenai lingkungan alam dan lingkungan buatan di
sekitar rumah.
b. Beberapa
siswa diminta maju untuk menuliskan contoh lingkungan alam di sekitar rumah
|
|
Elaborasi
|
Elaborasi
|
|
a. Siswa
menjawab pertanyaan guru sesuai dengan isi gambar dan kemudian guru
menuliskannya di papan tulis
b. Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai bagian utama hewan
c. Siswa
diminta berdiskusi dengan teman sebangku untuk membahas fungsi dari bagian
tubuh hewan tersebut.
d. Guru
memperjelas materi pembelajaran.
|
a. Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3-4 orang
b. Guru
membagi potongan kertas yang berisi gambar lingkungan alam dan lingkungan
buatan.
c. siswa
menganalisis gambat tersebut, kemudian menempelkan jawaban pada peta konsep
yang telah disediakan guru.
d. siswa
mendiskusikan kegunaan lingkungan alam dan buatan yang telah ditempel di peta
konsep
|
|
Konfirmasi
|
Konfirmasi
|
|
a. siswa
melaporkan hasil diskusi
b. guru
dan siswa menarik kesimpulan
|
a. mendiskusikan
hasil kerja kelompok
b. menyimpulkan
hasil diskusi
|
D
|
Kegiatan
Akhir
|
Kegiatan
Akhir
|
|
a. guru
memberi soal evaluasi
b. guru
mengoreksi pekerjaan siswa
c. guru
memberi motivasi kepada siswa
|
a. guru
memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang jelas
b. menyimpulkan
pembelajaran
c. guru
memberi tes evaluasi
d. guru
dan siswa mengoreksi hasil tes
e. guru
memotivasi siswa.
|
6.
Sumber
dan Media Pembelajaran
Media :
-
Gambar – gambar hewan
-
Gambar-gambar
lingkungan alam dan lingkungan buatan
-
Papan tempel (Konsep
Mind Mapping)
Sumber
belajar :
-
Buku Mari Belajar IPA
untuk kelas 2 Sekolah Dasar oleh Sjaeful
Anwar dan Cucu Suhendar
-
Buku Ilmu Pengetahuan
Sosial kelas 3 Sekolah Dasar oleh Sunarso dan Anis Kusuma
7.
Penilaian
A. Prosedur
Penilaian
1. Tes
dalam proses : pada saat
pembelajaran
2. Tes
akhir : tes
Evaluasi
B. Jenis
Penilaian
1. Tes
Lisan
2. Tes
tertulis
C. Alat
Penilaian
1. Soal
(Terlampir)
2. Kunci
Jawaban
3. Pedoman
Penilaian
Semarang, Oktober 2012
Mengetahui,
Guru Kelas,
FITRIA
DWI ASTIKA
Mksh, boleh copy..
BalasHapussaya minta ya. contoh ini
BalasHapus